Senin, 18 November 2013

Bendung Gerak Serayu

Bendung Gerak Serayu yang berada di jalur utama Purwokerto-Cilacap, saat arus mudik Lebaran tahun ini menjadi tempat singgah para pemudik. Kawasan tersebut seakan menjadi lokasi favorit bagi pemudik untuk melepas lelah setelah berkendara cukup lama.
Lokasinya yang cukup luas dengan semilirnya tiupan angin, membuat Bendung Gerak Serayu banyak disinggahi pemudik.  Selain bisa menikmati pemandangan alam berupa Sungai Serayu dan hamparan perbukitan, pemudik juga bisa bersantai sambil menikmati berbagai makanan yang dijual para pedagang dadakan. Bahkan bila beruntung, pemudik juga bisa melihat kereta api melintas.
Bendung gerak serayu merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Bendung gerak serayu terletak di sebelah selatan Kota Purwokerto tepatnya di Desa Kebasen, Kecamatan Patikraja. Bendung Gerak Serayu mulai dibangun pada tahun 1993 dan di resmikan pemakaiannya oleh Presiden Suharto pada 20 November 1996.

Bendungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terutama dalam bidang pertanian. Dengan berfungsinya Bendung Gerak Serayu dan seluruh jaringan irigasinya, maka tanaman padi di Kabupaten Banyumas, Cilacap dan Kebumen tidak akan kekurangan air, pada musim kemarau sekalipun. Bendung Gerak dan jaringan irigasi Serayu yang dibangun dengan dana sekitar Rp 114 milyar diproyeksikan bisa mengairi secara teknis sawah seluas 20.795 hektar.
Lokasi ini sekarang merupakan kawasan wisata yang sudah berkembang yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Luas lahan lokasi wisata ini sekitar 5,00 Ha. Di lokasi wisata ini kita dapat menikmati wisata berupa Bendung Gerak Serayu dengan fasilitas penunjang berupa jalan menuju lokasi wisata yang sudah bagus dan tempat parkir yang luas serta pemandangan sekitar yang indah.
Mereka yang datang ke kawasan ini sebagian besar rombongan dengan menggunakan mobil, namun tidak sedikit pula yang menggunakan sepeda motor. Rata-rata mereka berasal dari luar kota. Hal ini terlihat dari plat nomer kendaraan yang dibawa, antara lain ada yang berasal dari Jakarta, Bandung, Bogor dan lainnya.
Bila pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung di lokasi ini hanya beberapa orang, namun pada saat musim Lebaran seperti sekarang, jumlahnya meningkat cukup banyak.
Selain bisa menikmati pemandangan sungai, pengunjung juga dapat menyusuri bangunan bendungan. Meski sudah ada pagar pengaman, pengunjung tetap perlu berhati-hati sebab bangunan tersebut juga menjadi jalan pintas yang kerap digunakan warga sekitar.
Banyaknya pemudik yang singgah di lokasi Bendung Gerak Serayu membawa berkah bagi warga sekitar. Tidak sedikit dari mereka yang membuka warung dadakan di pinggir bendungan.
disamping sebagai tempat wisata Bendung gerak serayu tempat untuklatihan olahraga air seperti dayung dan lainnya.
Silahkan datang ke Bendung gerak serayu untuk berlibur dan berwisata dengan murah meriah, dekat dengan jalan raya bisa memancing dan lainnya
(daru berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar